Ads 468x60px

Pages

Kamis, Juli 07, 2011

Ini Ceritaku, Apa Ceritaku?


Seriawan (disebut pula sariawan) atau stomatitis aphtosa[1] adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.
Seriawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria.[2]
Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya seriawan, seperti luka tergigit, mengonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.
Seriawan di tempat yang sama selama dua minggu hingga satu bulan dapat dijadikan indikasi adanya kanker rongga mulut.[3]
Stomatitis Aphtous/Ulcer bukan hanya disebabkan karena kekurangan Vitamin C, namun sebaliknya SA dikenal disebabkan oleh alergi citrus atau alergi makanan yang mengandung asam, kondisi imun yang lemah, obat-obatan tertentu, trauma fisik (ataupun penggunaan gigi palsu baru), dsb.
Penyakit kekurangan vitamin C sendiri adalah Scurvy atau kegagalan proses sintesis kolagen yang ditandai dengan gusi mudah berdarah, pendarahan kulit (purpura) dsb.

source: 

guess what? yak benar sekali saudara - saudara, saya memang cantik, tapi mohon jangan diumbar - umbar begitu *malumalu*
sariawan? APA?
yak, sariawan adalah momok yang sangat menyakitkan ketika nafsu makanmu yang berapi - api harus berhadapan dengan dilema dimana sariawan itu mengganggu proses pemakanan. sungguh, sariawan itu sakit sekali...rasa sakitnya itu seperti sedang...sariawan
begini ceritanya...
hari itu tanggal 2 Juli 2011, saya diundang oleh kak Eric Kosasih dan keluarganya untuk makan bersama, kontan karena makanannya membuat kaki saya bergejolak untuk makan, hingga akhirnya kejadian itu terjadilah, saya tergigit dinding mulut saudara - saudara *bukan mulut saudara - saudara, maksudnya dinding mulut saya sendiri, SAUDARA - SAUDARA* kejadian itu berulang beberapa kali dan akhirnya 2 hari kemudian saya POSITIF SARIAWAN, hingga kemaren penyakit saya menjadi semakin parah ditambah lagi dengan leher yang sakit karena salah tidur *bukan berarti saya tidur di atas lemari rumah tetangga, you should know what i mean*, LENGKAP SUDAH, PENYAKIT SAYA KOMPLIKASI, SAUDARA - SAUDARA, yak komplikasi antara sariawan, salah tidur, dan juga PANU :((
oh yawww, mau curhat lagi....
2 hari yang lalu, saat saya masih sakit komplikasi, saya diajak makan oleh teman saya, 18 tahun. sebut saja namanya Bunga, Bunga tinggal di kota P bersama orang tuanya.
jadi, saya diajak makan mieso ayam, tapi karena rasa sedih di hati akibat komplikasi akhirnya saya hanya makan  cincau, saudara - saudara. cincaunya enak, warnanya hitam, rasanya manis, ada es batunya. ih wow, yak...tersebutlah suatu masa saya tergigit sesuatu yang saya pikir butiran - butiran cincaunya, karena merasa eneg, saya muntahkan, dan ternyata terdapatlah sebatang LALAT, yak spontan saya menangis meraung - raung, saya tarik kerah penjualnya, saya suruh makan lalat itu. bohong kok :]
sejak saat itu saya percaya dengan paham aristoteles bahwa makhluk itu berasal dari benda mati...
miris...

kemaren, saya makan dengan sepupu saya satu helai, bernama jennifer di waroeng steak. sampai di tempat saya lihat ruangan ber AC ditutup. lalu benda satu itu bertanya pada saya...
"ce...boleh makan di ruangan AC kan?"
"ga, tadi tempat ac nya tutup"
"kok tutup ce?"
"tanya cece, cece mau tanya siapa?"
miris lagi.... *garuk garuk kepala* *nahan sariawan* *getok palu*
beliau mesan jus alpukat...
"ce, kalau aku minum yang kental gini, mulut aku gampang bau"
zetzet
"ada jual air dingin ce?"
"ada" *udah berasa tukang jual minum*
lalu saya mengeluarkan hp mantan papa saya, dia pun bertanya lagi
"KOK CECE PAKE HP PAPA CECE? JADI PAPA CECE PAKE HP APA?"
mendadak saya sedih lalu menelpon ke rumah bilang mau mengembalikan hp papa lantaran miris beliau ga pake hape. bohong
bocah ini rasanya ingin dicium, seharusnya dia mengerti, kalau papa memberikan hp bekasnya pada saya artinya dia ada hp yang lain. bukannya malah menyudutkan seolah - olah saya malin kundang yang membiarkan papanya tidak pakai hp, untuk selamanya..... :((
maaf kebanyakan curhat tentang kekesalan karena sariawan -_-

yak, beberapa hari belakangan ini saya baru menyadari semakin banyaknya polisi tidur di kawasan rumah saya. bzz bzz
di satu sisi saya merasa bangga punya tetangga yang kaya raya, rumahnya dijaga oleh polisi -_-
di sisi lain, SAYA MERASA TERGANGGU
coba anda pikir, untuk apa dibuat banyak polisi tidur? kalau cuma satu dua ga begitu masalah, ini? 1000 polisi tidur, saudara - saudara. oke saya bohong lagi

kemaren malam, saya memutuskan membeli albothyl seharga 31 ribu dengan cotton bud 4ribu serta salonpas 5ribu rupiah. saat saya menggunakan albothyl *lupa ga boleh sebut mer**oke, albothyl tiiiiit* tersebut, saya merasa sedih, perih, dan gitu deh ._.
sampai saat ini saya merasa mendingan, lebih sejahtera dibandingkan sebelum - sebelumnya
lalu saat saya berjalan pulang, saya melihat baliho indomie, ini ceritaku apa ceritamu?

2 komentar:

TS Frima mengatakan...

weh, saya juga baru sembuh dari sariawan. tersiksa sekali rasanya kemaren. lama sembuhnya padahal udah pake abotil.. :(

TS Frima mengatakan...

kapan up date nya, fransiska :)